Bangkok, Nama Kota Terpanjang di Dunia - Fakhri.id :: Belajar Bahasa Thai

Bangkok, Nama Kota Terpanjang di Dunia

fakta, unik, bangkok, thailand, krung thep
Bangkok, Ibu kota Thailand

Siapa yang tidak tahu Bangkok, kota yang menjadi daya tarik wisatawan dunia ini yang di sebut-sebut kota sungai karena keindahan sungai Chao Phraya-nya yang menjadi daya tarik tersendiri. Dan Juga berbagai macam kuliner khasnya yang membuat semua orang penasaran dan candi-candi yang indah dan megah dapat dengan mudah kita temui di ibu kota Thailand ini.

fakta, unik, bangkok, thailand, huruf, bahasa
Logo kota Bangkok
Bangkok atau yang biasa disebut Krung Thep oleh masyarakat Thailand merupakan Ibu kota dari negara Thailand. Tapi tahukah kamu kalau Bangkok ternyata mempunyai nama lengkap yang tidak biasa dari yang lain, sehingga kota ini pernah mencatatkan namanya di Guinness Book of Records sebagai nama kota terpanjang di dunia.

Kota Bangkok memiliki nama lengkap resmi yang diberikan oleh Raja Buddha Yodfa Chulaloke, dan kemudian diralat oleh Raja Mongkut adalah:



กรุงเทพมหานคร อมรรัตนโกสินทร์ มหินทรายุธยามหาดิลกภพ นพรัตน์ราชธานี บุรีรมย์อุดมราชนิเวศน์มหาสถาน อมรพิมานอวตารสถิต สักกะทัตติยะวิษณุกรรมประสิทธิ์ 
Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Yuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit.


Panjang sekali bukan? Pantas lah kalau mendapati rekor sebagai "Nama Kota Terpanjang di Dunia."


Saksikan video di bawah ini, seorang wanita barat mengucapkan nama lengkap kota Bangkok.





Selain dari namanya yang unik, Bangkok juga memiliki beberapa fakta yang unik yang belum semua orang tahu. Berikut ini adalah fakta-fakta menarik dan unik dari kota Bangkok:

  1. Wisatawan yang mengunjungi Bangkok rata-rata lebih dari 11 juta orang pertahun.
  2. Memiliki lebih dari 400 kuil.
  3. Setiap pukul 08.00 dan 18.00 di tempat umum, sekolah, TV, radio akan diputarkan lagu kebangsaan Thailand. Dan saat itu juga seluruh masyarakat menghentikan aktivitasnya dan berdiri tegak untuk memberi rasa hormat.
  4. Setiap bulan April, Bangkok menjadi tuan rumah acara Festival Songkran, yaitu dimana seluruh masyrakat akan keluar rumah dan melakukan pembersihan diri dengan cara menyiram air atau perang air.
  5. Terpilih sebagai World's Best City 2008 dan 2010 menurut survei majalah Travel + Leisure.
  6. Chatuchak Weekend Market adalah salah satu pasar terbesar di dunia, seluas 11 hektare, dengan 10.000 gerai yang menjual segala macam barang yang unik dan menarik yang mungkin tidak ada di Indonesia.
  7. Bangkok adalah surganya otomotif di kawasan Asia Tenggara khususnya sepeda motor, banyak motor-motor besar yang berlalu lalang di Thailand dan juga motor-motor dari Indonesia banyak yang diimpor dari Thailand, tepatnya Bangkok.
  8. Candi-candi yang ada di Bangkok tergambar dibalik uang koin Baht.
  9. Di bangkok dilarang keluar rumah dengan keadaan tanpa mengenakan pakaian dalam.
  10. Di Bangkok dilarang mengendarai sepeda motor dengan bertelanjang dada.
  11. Di Bangkok dilarang menggunakan buah Durian sebagai senjata, dan akan dikenakan denda sebanyak berapa banyak duri yang mengenai korban.
  12. Di Bangkok (Seluruh Thailand juga) Dilarang menginjak uang Baht, baik koin ataupun kertas, karena terdapat foto Raja Thailand.
  13. Terdapat ruang ruang toilet khusus jenis kelamin ke-3.
Menarik bukan? Itulah sisi unik dan menarik dari Bangkok, masih banyak lagi yang bisa kita ketahui tentang Bangkok, karena Bangkok adalah pilihan yang tepat untuk berwisata, terlebih lagi jika kita seorang backpacker yang gemar travelling dengan biaya yang rendah tapi menyenangkan, Bangkok adalah pilihan yang patut dicoba.

Berlangganan untuk menerima artikel terbaru melalui email secara gratis:

14 Tanggapan untuk "Bangkok, Nama Kota Terpanjang di Dunia"

  1. Wahbaru tau ane gan, mantap info ny

    ReplyDelete
  2. coba fakta menarik yang nomor 3 diterapkan juga oleh bangsa indonesia, pasti makin tinggi lagi rasa nasionalisme masyarakat di negara kita. Btw artikelnya informatif gan.

    ReplyDelete
  3. Aneh2 ya nama kotanya, susah disebutinnya

    ReplyDelete
  4. Bjirr..panjang banget yakk...

    ReplyDelete
  5. hahahahaaa...:D
    nama kota kok gitu..
    yang kasih namanya pasti lagi galau..:v

    ReplyDelete
  6. lebih enak disebut bangkok :D btw nice info :)

    ReplyDelete
  7. nambah lagi nih pengetahuan ane, makasih gan

    ReplyDelete
  8. wahhhhh baru tau, beneran deh ga nyangka,..

    ReplyDelete
  9. Panjang banget namanya sampai 21 kata

    ReplyDelete
  10. wah kirain namanya cuma bangkok doang. tapi panjang mungkin dalam bahasa thailandnya

    ReplyDelete


  11. 'Wisatawan yang mengunjungi Bangkok rata-rata lebih dari 11 juta orang pertahun.'
    Nggak salah tuh ? Banyak amat gan -_-

    ReplyDelete