Pengenalan Bahasa Lao


Bahasa Lao (ພາສາລາວ) merupakan turunan dari bahasa Tai-Kadai yaitu rumpun bahasa yang menggunakan nada (tonal language) yang berasal dari Cina Selatan. Menurut kelompok Dong Dok University mengatakan Bahasa Lao memiliki 6 nada, tetapi anggapan ini dibantah oleh para linguistik yang bergelar PhD di bidang Bahasa Lao di Australia dan Amerika mengatakan bahwa Bahasa Lao hanya memiliki 5 nada.

Perdebatan ini timbul karena menurut pihak linguistik yang bergelar PhD tersebut beranggapan bahwa nada "rendah" yang dikatakan oleh pihak Dong Dok University sama saja dengan nada "bangkit", karena ada sedikit menaikkan nada saat pengucapan. 

Mengacu pada dialek yang digunakan di Vientiane yaitu 5 nada, maka acuan yang digunakan dalam situs ini adalah menggunakan 5 nada. Untuk lebih detil mengenai nada Bahasa Lao akan dijelaskan di artikel berikutnya.

Bahasa Lao selain digunakan sebagai bahasa resmi di Laos juga digunakan di Thailand bagian Timur Laut atau biasa disebut Isan (อีสาน), hal ini dikarenakan faktor geografis yang letaknya sangat dekat, hanya terpisahkan oleh Sungai Mekong. Faktor tersebut lah yang menyebabkan timbulnya dialek-dialek berbeda antar daerah, perbedaannya meliputi perbedaan pengucapan, dan kosakata. Dialek Vientiane adalah dialek yang paling banyak digunakan dan menjadi dialek resmi di Laos, meskipun tidak ditetapkan secara resmi. Dialek Vientiane ini biasa digunakan pada media televisi, koran dan radio.

Bahasa Lao adalah bahasa yang ringkas, dan lebih mudah dibanding Bahasa Thai, diibaratkan seperti Mandarin Tradisional dan Mandarin Sederhana, maka Bahasa Lao adalah seperti Mandarin Sederhana. Bahasa Lao memiliki lebih sedikit jumlah konsonan dan vokalnya, dan dalam penggunaan katanya pun Bahasa Lao tidak ada pengucapan yang sulit seperti konsonan ganda yang ada di Bahasa Thai.

Faktor kemiripian yang dimiliki Bahasa Lao dengan Bahasa Thai membuat sebagian besar penduduk Laos juga bisa berbahasa Thai dikarenakan banyaknya buku, serial tv, film, lagu hingga literatur pendidikan yang berasal dari Thailand masuk ke Laos, tapi hal tersebut berbanding terbalik dengan Thailand.

Muhamad Fakhri
Muhamad Fakhri Being rich is not about how much you have, but how much you can give.

Posting Komentar untuk "Pengenalan Bahasa Lao"