Kamus dan Buku-Buku Belajar Bahasa Thai



Seperti yang kita tahu bahwa sumber atau bahan belajar Bahasa Thai di Indonesia ini terbilang masih sulit untuk didapatkan, wajar saja karena Bahasa Thai belum sepopuler layaknya  Bahasa Inggris, Jepang, Mandarin, dan Korea yang bahkan sudah ada jurusan untuk mata kuliah bahasa-bahasa tersebut di Indonesia.





Oleh karena itu pada postingan kali ini saya ingin memberikan referensi buku-buku dan kamus Bahasa Thai yang pastinya sangat berguna bagi kamu yang sedang menggeluti bahasa tersebut. Kurang lengkap rasanya jika saya hanya memberikan bahan belajar berupa Kumpulan E-Book Belajar Bahasa Thailand dan artikel-artikel di blog ini.

Berikut ini saya akan urutkan buku-buku berdasarkan tingkat kesulitan untuk mendapatkannya.

Buku

Praktis Thailand Dalam 1 Minggu

buku, kamus, belajar, bahasa thailand, thai, indonesia

Yang pertama itu ada buku yang berjudul Praktis Thailand Dalam 1 Minggu terbitan dari Kesaint Blanc. Buku ini merupakan buku yang paling mudah didapatkan di Indonesia dan juga buku yang menjadi paket awal (starter pack) seseorang dalam belajar Bahasa Thai.

Buku ini termasuk buku yang sangat mudah untuk dipelajari karena selain bahasa pengantarnya menggunakan Bahasa Indonesia juga dilengkapi dengan CD yang berisi suara-suara untuk menunjang isi buku tersebut.

Cakap Berbahasa Indonesia Thailand

buku, bahasa, thai, thailand, kamus, dictionary, indonesia

Diposisi kedua ada buku yang berjudul Cakap Berbahasa Indonesia Thailand, buku yang ditulis oleh penduduk asli Thailand (Native) yaitu Mahroso Doloh yang saat ini aktif di bidang menulis ini merupakan buku yang cukup mudah untuk didapatkan di Indonesia selain itu buku ini juga menggunakan Bahasa Indonesia sehingga mudah untuk dipelajari. Buku ini sangat cocok sebagai pelengkap dari buku Praktis Thailand Dalam 1 Minggu.

Indonesian - Thai Dictionary

buku, bahasa, thai, thailand, kamus, dictionary, indonesia

Diposisi ketiga ada kamus Bahasa Indonesia - Thai, buku ini terbilang baru dan paling lengkap karena menggunakan KBBI versi terbaru, selain itu kamus ini juga dilengkapi cara baca aksaranya jadi bagi kamu yang belum bisa membaca aksara Thai jangan khawatir.

Selain sifatnya sebagai kamus, dibagian belakang buku ini juga terdapat kosakata-kosakata Bahasa Thai yang sangat berguna. Bagi kamu yang berminat bisa langsung beli kepada penulisnya melalui Facebook, Suraiha Hengsa.

Kamus Indonesia - ไทย Thai - อินโดนีเซีย ปทานุกรม

kamus, dictionary, bahasa, indonesia, thai, thailand

Diposisi keempat yaitu sebuah kamus yang berjudul Kamus Indonesia - ไทย Thai - อินโดนีเซีย ปทานุกรม, kamus ini ditulis oleh penulis berdarah asli Thailand, Imtip Pattajoti Suharto yang telah lama tinggal di Indonesia. Kamus ini sebenarnya dibuat khusus untuk orang Thailand yang sedang mempelajari Bahasa Indonesia, sehingga tidak terdapat transliterasi/alih aksara untuk tulisan Thai-nya. 

Bagi kamu yang ingin memiliki buku ini kamu bisa membelinya di toko-toko buku di Thailand atau klik link ini.

Thai for Beginners

buku, bahasa, thai, thailand, ebook, e-book, dictionary

Terakhir yaitu Thai for Beginners buku yang ditulis oleh Benjawan Poomsan Becker (เบญจวรรณ ภูมิแสน เบกเกอร์). Buku yang ditulis dalam Bahasa Inggris ini merupakan buku yang paling saya rekomendasikan karena dalam buku yang memiliki ketebalan lebih kurang 272 halaman ini akan membahas semua dasar-dasar Bahasa Thai mulai dari pengenalan konsonan, huruf vokal, kelas-kelas konsonan serta cara menulis huruf Thai yang baik dan benar.

Sayangnya buku ini tidak dijual di toko-toko buku di Indonesia, tapi kamu bisa membelinya melalui online di Amazon atau membelinya di toko-toko buku di Thailand. Selain buku ini, sang penulis juga mengeluarkan 2 edisi lainnya yaitu 
Thai for Intermediate Learners dan Thai for Advanced Readers.


UPDATE: Untuk buku Thai for Beginners dan Thai for Intermediate Learners sudah tersedia versi e-book-nya dan dapat diunduh di https://www.fakhri.id/2015/11/kumpulan-modul-belajar-bahasa-thailand.html
Muhamad Fakhri
Muhamad Fakhri Being rich is not about how much you have, but how much you can give.

19 komentar untuk "Kamus dan Buku-Buku Belajar Bahasa Thai"

Comment Author Avatar
Saya mau beli kamusnya caranya pesannya gmn?
Comment Author Avatar
Saya mau beli kamusnya caranya pesannya gmn?
Comment Author Avatar
Phi fakhri saya mau pesan kmsnya gmn ya..ini alamat email saya mulyanajaka@gmail.com
Comment Author Avatar
Saya udah tanya penulisnya, katanya dia belum cek lagi, sedang diluar negeri. Nanti saya kasih tau lagi ya
Comment Author Avatar
Owhh..lama ya plngnya..klo ada kirim ke email saya phi..hbs saya kebingungan susah cari materinya..terutama grammarnya
Comment Author Avatar
Kasih tau aja ya phi..khob khun khrap
Comment Author Avatar
Iya nanti dikasi tau, kalau mau belajar grammar coba pakai buku Thai For Beginners
Comment Author Avatar
Kasih tau aja ya phi..khob khun khrap
Comment Author Avatar
Saya sudah cari buku grammarnya tapi ga ada susah carinya
Comment Author Avatar
Phi fakhri saya mau pesan kmsnya gmn ya..ini alamat email saya mulyanajaka@gmail.com
Comment Author Avatar
Phi fakhri untuk kamusnya sudah adakah? Khop khun na khrap
Comment Author Avatar
Phiii, hua mau beli kamusnya dimanaa, soalnya di tmpatnya huda gak ada yang jual, di gramed pun gak ada ohii. Sumpah susah banget nyari kamus bahasa thai ini
Comment Author Avatar
Bagaimana cara beli buku thai for beginner itu y pak? Kalo bisa satu paket sampai advanced..soalny cari di Palembang ndak dapat..termasuk di gramed..mungkin bapak bisa bantu untuk memberikan rekomendasi beli kmn agar mudah didapat :) terima kasih atas perhatiannya pak :) email saya alfajrisyafrinrizki@yahoo.com
Comment Author Avatar
gmn cara beli buku thai for beginner itu ya ka? Kalo bisa satu paket sampai advanced, soalnya cari gramed gk ada, saya dari jakarta ka. mungkin kaka bisa membantu saya untuk memberikan rekomendasi beli kmn agar mudah didapat :) terima kasih , email saya ismakmldoabnithinanonk@gmail.com

Comment Author Avatar
Indonesian-thai dictionary bisa dibeli dimna ya? Di gramedia ada ga?
Comment Author Avatar
kamus Indonesian - Thai Dictionary nyarinya dmna ya? aku mau :((