SAYA KEMBALI

Bahasa, Thai, Thailand, Saya Kembali, Ricis

Sawatdii khrap thuk2 khon!

(hai gesss!)

Setelah sekian lama kurang lebih 4 bulan saya tinggalkan blog ini dan kehidupan Thailand2an saya dikarenakan banyaknya aktivitas real life yang melelahkan hinga membuat saya sulit untuk bernapas. Ada banyak sekali email, pesan live chat, dan komentar yang masuk menanyakan kapan saya update artikel lagi, dan kapan nikah kapan buka kelas lagi.


Mohon maaf jika saya tidak bisa balas satu per satu, ada beberapa alasan saya tidak balas pesan teman-teman sekalian yaitu; pertanyaan minta dibuatkan nama tanpa ada usaha mencoba terlebih dahulu, menanyakan pertanyaan yang sudah ada jawabannya di blog ini, dan pertanyaan lain yang menurut saya kurang pantas untuk dijawab.


Pada artikel ini sedikit berbeda, saya mau nyantai dulu jangan serius2 terus. Saya tidak akan membahas materi Bahasa Thai melainkan artikel absurd yang pada intinya berisi tips belajar Bahasa Thai berdasarkan pengalaman saya sendiri dan sedikit saran berguna yang niscaya bisa menyesatkan kalian mencerahkan kalian.


Selain itu saya juga akan memberikan rekomendasi beberapa tempat wisata lokal anti mainsream di Thailand yang mungkin sedikit orang aja yang tahu (kalo gak males ngetik). Yuk, simak!


Tentukan Tujuan

Belajar, Bahasa, Thai, Thailand

Coba kalian jawab dalam hati beberapa pertanyaan ini tapi sebelumnya pikirkan matang-matang:
  1. Untuk apa saya harus bisa Bahasa Thai?
  2. Apakah ada sesuatu yang saya suka dari Thailand? (Apa pun itu yang berkaitan dengan Thailand)
  3. Kenapa harus Thailand? Kenapa nggak negara lain?
  4. Apa yang harus saya lakukan agar bisa achieve rencana saya pada pertanyaan nomor 1?
  5. Kapan saya bisa achieve?
Pikirkan 5 pertanyaan tadi dan cobalah jawab dengan jujur sampai kalian merasa 'mantap' dengan jawaban itu, jika perlu imajinasikan. Yap, imajinasi itu terkadang berguna untuk berpikir.

Pertanyaan apaan sih gak jelas banget!

Pastinya ada alasan tertentu kenapa saya kasih pertanyaan tadi, tapi sebetulnya pertanyaan-pertanyaan itu berlaku juga untuk kalian yang lagi belajar bahasa lain. Jadi, dari kelima pertanyaan itu kalian bisa mendapatkan landasan, dan target belajar yang jika digabung keduanya akan menjadi sebuah roadmap.

Dari pertanyaan pertama kalian bisa tau apa alasan yang mendasari kalian untuk belajar Bahasa Thai. Jangan minder kalau alasan kalian anti mainstream, pede aja kalian gak sendiri :D. Lalu pada pertanyaan kedua ini related dengan pertanyaan sebelumnya, kok bisa? Karena saat kita belajar suatu bahasa asing itu sama saja kita mempelajari setengah dari budaya dari negara tersebut. Jadi, kalau kalian ada sesuatu yang disukai dari negara tersebut maka lengkap sudah amunisi kalian untuk belajar karena itu bisa bikin kita semakin termotivasi.

Pertanyaan ketiga, ini untuk menguatkan jawaban kalian jadi diharapkan ada sesuatu yang bisa kalian pegang sebagai acuan. Dari tiga pertanyaan tadi kalian sudah dapat alasan/tujuan, sesuatu yang memotivasi, dan sekarang pada pertanyaan keempat ini adalah untuk menentukan cara atau strategi kalian biar bisa achieve tujuan itu, pastikan dilakuin ya.

Pertanyaan terakhir, tentukan target kapan kalian bisa achieve. Ini penting karena mimpi gak akan terwujud kalau kita gak lakuin kan, dilakuin juga tapi kalau gak ada target ya gak kelar2. Jadi, penting untuk bikin planning kapan saya bisa?

Stay Hungry, Stay Foolish

Fakhri.id, bahasa, thai, thailand, pdf, ebook, kamus

Maksud dari kalimat di atas adalah kita harus tetap terus belajar dan jangan cepat merasa puas meskipun kita sudah bisa. Cara yang biasa saya lakukan adalah ngumpulin resource atau bahan belajar dari berbagai sumber terpercaya di internet. Resource bisa berupa e-book, artikel, video, dan buku.

Tips mencari sumber belajar terpercaya:
  • Kalau itu artikel dari website atau blog pastikan di websitenya ada informasi penulisnya. Bisa berupa halaman khusus, informasi di bawah artikel, atau link profil socmed sang penulis.
  • Kalau itu e-book atau dokumen lain sejenis PDF, pastikan juga ada informasi penulisnya.
  • Kalau itu buku, sebaiknya buku itu ditulis oleh Thai native speaker atau Non-native speaker yang sudah capable untuk membuat buku tersebut seperti David Smyth, dan Jacob de Groot.
  • Kalau itu video pastikan videonya dibawakan oleh Thai native speaker atau Non-native speaker yang pronunciation nya bagus seperti Adam Bradshaw dan Nate.
Kalau perlu belajar langsung dengan guru yang berpengalaman supaya ada yang membimbing langsung.

 Latihan

Latihan, praktek, bicara, bahasa, thai

Gimana latihannya bang? Di sini gak ada orang tailan
Latihan sama siapa? Gak ada yang bisa diajak ngobrol di sini saya tinggal di goa

Jangan alasan kamu Bambang, yang penting ada kemauan untuk praktek dan berani coba. Kalau di lingkungan kalian gak ada thai native speaker, maka salah satu caranya adalah cari teman orang Thailand di socmed atau aplikasi2 social khusus buat belajar bahasa asing contohnya:

  1. HelloTalk
  2. iTalki
  3. Tinder Tandem
  4. PenPals
  5. HiNative
Kelima aplikasi itu gratis cara pakainya juga gampang kurang lebih caranya sama, daftar akun, lengkapin profil, set bahasa yang ingin kalian pelajari, dan nanti nampil orang2 native speaker dari bahasa yang kalian pilih tadi. Kalau udah nampil orang2 nya sebaiknya inisiatif langsung chat aja ngobrol dulu sampai akrab, jangan nunggu dichat, kebiasaan deh.

Selain itu ada cara lain buat latihan dan praktek yaitu gabung komunitas, komunitas ngebantu banget selain bisa dapet temen baru yang punya minat sama kita juga bisa diskusi bahkan trip bareng dan referensi kerja juga.

Nama komunitasnya apa bang?

Banyak banget kok tinggal search aja di instagram atau facebook, ada beberapa komunitas yang saya tau seperti Belajar Bahasa Thai (BBT), Thaioverdose, Thai Movie Lovers (TML), dan grup2 chat lainnya di LINE ntah saya tidak hapal nama2nya.

Udah punya tujuan, udah punya bahan belajar, udah punya temen dan komunitas trus tunggu apa lagi? Tinggal kalian menyesuaikan diri cara belajar yang nyaman dan pas buat kalian gimana, karena setiap orang punya caranya masing2. Ada orang yang belajarnya nyaman dengan cara audio visual, dia harus denger dan lihat lalu mencontohkan. Ada juga yang gak suka bising jadi dia belajarnya lebih enak baca aja, boleh selama itu cocok buat kalian.


Mulai Dari Mana?

grammar, nada, vocabulary, kosa kata, bahasa, thai

Saya musti pelajarin apa dulu ya bang? kosa kata atau grammar?
Banyak yang nanya seperti ini, pasti kalian bingung kan? Kalo iya sama saya juga bingung (itu dulu). Jadi, untuk nentuin belajar mulai dari mana itu balik lagi ke tujuan kalian belajar Bahasa Thai untuk apa? Misalnya kalian belajar untuk persiapan ketemu Bank Thiti atau Lisa Blackpink ya udah kalau kasusnya gitu langsung belajar ke kosa kata dan cara membentuk kalimat sederhana aja.

Lain cerita kalau kalian belajar karena niatnya mau kuliah atau kerja di Thailand, maka sebaiknya belajar semua aspek mulai dari Membaca, Nada, Membentuk Kalimat, dan Grammar. Karena kalian akan menetap di sana jadi skill writing, speaking dan reading itu penting banget.

Oke sampai sini dulu dah malem, rekomendasi tempat wisata di artikel selanjutnya ya. Kalau ada yang mau sharing pengalaman belajarnya bisa post di komen, atau yang mau sharing alasan yang membuat kalian pengen bisa Bahasa Thai juga boleh.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "SAYA KEMBALI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel