Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsonan Ganda Bahasa Thai

Konsonan Ganda, Cluster Consonant, Bahasa Thai, Thailand

Selain adanya konsonan tunggal seperti yang sudah pernah saya jelaskan dalam artikel yang berjudul Detail Konsonan Bahasa Thai, terdapat juga Konsonan Ganda.

Konsonan Ganda/Gabungan dalam Bahasa Thai disebut อักษรควบ (àksǒn khûap) merupakan konsonan yang bentuknya terdiri dari 2 konsonan tunggal yang menjadi satu kesatuan.

Konsonan Ganda setidaknya terbagi menjadi 3 jenis yaitu; Konsonan Ganda Sejati, Konsonan Ganda Tak Sejati, dan Konsonan Ganda Akhiran. Ketiga jenis tersebut akan saya jelaskan secara rinci dalam artikel ini, yuk simak!

Konsonan Ganda Sejati

Konsonan Ganda Sejati / True Cluster adalah kombinasi dari 2 konsonan tunggal yang kedua konsonan tersebut juga ikut terucap dalam satu kata atau disebut juga fonem gabungan. Sebagai contoh dalam kata "braga" yang dibaca "bra-ga" dimana pada suku kata "bra" huruf B dan R ikut terucap/diucapkan, begitu juga dengan kata "produk" dimana huruf P dan R juga diucapkan.

Bahasa Thai juga memiliki aturan konsonan ganda hanya saja kombinasi konsonannya sudah ditetapkan sebagai Konsonan Ganda Sejati sehingga tidak semua konsonan atau sembarang konsonan digabungkan bisa dianggap sebagai Konsonan Ganda Sejati. Perhatikan kombinasinya berikut ini:

ว [w] ล [L] ร [r]
ก [k/g] กว่า (kwàa) ไกล (klai) กรุง (krung)
ข [kh] ขวา (khwǎa) ขลัง (khlǎng) ขรึม (khrěum)
ค [kh] ควาย (khwaay) คลอง (khloong) ใคร (khrai)
ต [t] - - ตรี (trii)
ป [p] - ปลา (plaa) ประกาศ (prà kàat)
ผ [ph] - ผลัด (phlàt) -
พ [ph] - พลอย (phlooy) พระ (phrá)
ฟ* [f] - - ฟรี (frii)
บ* [b] - บลูเบอร์รี่ (bluu beuu rîi) เบรค (brèek)
ด* [d] - - ดรากอน (draa goon)

Kata-kata di dalam tabel hanya sebagian contoh dari penerapan kombinasi konsonan, bisa saja terdapat penerapan pada kata lainnya yang tidak disebutkan.

Kombinasi konsonan bertanda bintang (*) tidak terdaftar dalam grammar Bahasa Thai, kombinasi tersebut berlaku hanya untuk kata-kata asing/loanwords.

Konsonan Ganda Tak Sejati

Konsonan Ganda Tak Sejati / False Cluster adalah kombinasi dari 2 konsonan tunggal yang dianggap dan dibaca sebagai 1 bunyi konsonan tunggal. Konsonan yang dibaca hanya konsonan awalnya saja / initial consonant sehingga huruf konsonan kedua tidak terbaca / silent. Hal ini merupakan kebalikan dari pengertian Konsonan Ganda Sejati.

Berikut ini adalah kombinasi konsonan yang termasuk dalam Konsonan Ganda Tak Sejati, cukup dihafalkan saja karena selain dari kombinasi ini bukan termasuk Konsonan Ganda Tak Sejati:

Ditulis Dibaca Contoh
ทร [thr] ซ [s] ทราบ (sâap)
ทร [thr] ท [th] โทร (thoo)
สร [sr] ส [s]    สร้าง (sâang)
ศร [sr] ศ [s] ศรี (sǐi)
ซร [sr] ซ [s] ไซร้ (sái)
จร [cr] จ [c] จริง (cing)

Kata-kata di dalam tabel hanya sebagian contoh dari penerapan kombinasi konsonan, bisa saja terdapat penerapan pada kata lainnya yang tidak disebutkan.

Terdapat pengecualian beberapa penerapan kata dalam koombinasi ทร yang mana konsonan kedua (ร [r]) juga ikut dibaca seperti ทรมาน (tho-rá-maan).

Konsonan Ganda Akhiran

Konsonan Ganda Akhiran / Double Final Consonant adalah sebuah kombinasi 2 konsonan tunggal yang letaknya di akhir suku kata, kombinasi ini menghasilkan pengecualian dalam pengucapan suku kata tersebut. Kombinasinya yaitu jika dalam sebuah konsonan ganda terdapat konsonan ร [r] sebagai konsonan keduanya maka konsonan tersebut tidak terbaca / silent.

Berikut ini adalah kombinasi dari Konsonan Ganda Akhiran :

Kombinasi Contoh
-ทร [thr] สมุทร (sà-mùt)
-ตร [tr] มิตร (mít)
-กร [kr] จักร (càk)

Kata-kata di dalam tabel hanya sebagian contoh dari penerapan kombinasi konsonan, bisa saja terdapat penerapan pada kata lainnya yang tidak disebutkan.

Posting Komentar untuk "Konsonan Ganda Bahasa Thai"

Berlangganan via Email