Mengenal CU-TFL, Uji Kemahiran Bahasa Thai

Proficiency, test, bahasa, thai, CU-TFL, Chulalongkorn


Uji kemahiran atau proficiency test  adalah sebuah ujian yang dirancang khusus untuk mengukur tingkat kemahiran atau kecakapan bahasa bagi penuturnya baik itu penutur jati maupun asing.

Setiap bahasa memiliki sistem uji kemahirannya masing-masing yang tentu berbeda dengan bahasa lainnya namun pada umumnya tetap dalam 4 kompetensi penilaian diantaranya Speaking, Listening, Writing, dan Reading.

Jika Bahasa Inggris menawarkan TOEFL dan IELTS, dan Bahasa Indonesia dengan UKBI-nya, tentu Thailand juga memiliki uji kemahiran untuk Bahasa Thai yaitu CU-TFL yang merupakan singkatan dari The Chulalongkorn University Proficiency Test of Thai as a Foreign Language.

Sistem CU-TFL dirancang oleh para linguis dari The Sirindhorn Thai Language Institute, Universitas Chulalongkorn untuk menjadi uji kemahiran resmi Bahasa Thai bagi penutur asing. Terdapat 4 kompetensi keahlian yang menjadi tolak ukur dalam tes ini yaitu Speaking, Listening, Writing, dan Reading.

Proficiency, test, bahasa, thai, toefl, ielts
Seorang instruktur memberikan instruksi dalam pengerjaan uji kemahiran CU-TFL di Tiongkok


Proficiency, test, bahasa, thai, toefl, ielts
Suasana tes CU-TFL di Jepang

Terdapat 5 tingkatan kemahiran dalam CU-TFL diantaranya:

  1. ดีเด่น (Chula Distinguished)
  2. ดีมาก (Chula Superior)
  3. ดี (Chula Advanced)
  4. กลาง (Chula Intermediate)
  5. ฝึก พูด/ฟัง/อ่าน/เขียน (Chula Novice)
Perhatikan tabel perbandingan sistem tingkatan uji kemahiran di bawah ini:

Proficiency, test, bahasa, thai, toefl, ielts
Tabel skoring sistem uji kemahiran bahasa

Dari kelima tingkatan tersebut terdapat kemungkinan untuk ditambahkan tingkat Plus (+) pada setiap tingkatan, sebagai contoh saya mendapatkan tingkat ดีมาก+ (Chula Superior+) yang artinya tingkat tersebut sedikit lebih tinggi dari tingkat ดีมาก (Chula Superior) namun tidak setara atau melampaui tingkat ดีเด่น (Chula Distinguished).

Dari keempat kompetensi keahlian yang diujikan pada CU-TFL masing-masing menghabiskan waktu 60 menit dalam pengerjaan kecuali pada sesi Speaking yaitu 40 menit. Maka total waktu yang diperlukan dalam menyelesaikan uji kemahiran CU-TFL adalah 220 menit atau 3 jam 40 menit.

Untuk saat ini tes CU-TFL sudah tersedia dibeberapa negara diantaranya Thailand, Jepang, Taiwan, dan Tiongkok. Tempat-tempat tersebut terletak di pusat studi bahasa dan universitas-universitas yang bekerjasama dengan Universitas Chulalongkorn.

Dengan skema biaya yang menarik menjadikan tes CU-TFL ini tidak begitu mahal, peserta diberikan kebebasan dengan memilih apakah ingin melakukan tes untuk seluruh aspek kompetensi atau hanya salah satu saja, sebagai contoh saya bisa mendaftar hanya untuk tes Speaking saja tanpa harus membayar dan mengikuti sesi tes lainnya.

Seperti itulah penjelasan pengenalan uji kemahiran Bahasa Thai CU-TFL. Bagi kamu yang tertarik ingin mencobanya atau sekadar mencari tahu lebih detail silakan kunjungi situs resmi CU-TFL di http://www.sti.chula.ac.th/academic/non-native/CU-TFL.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Komentar untuk "Mengenal CU-TFL, Uji Kemahiran Bahasa Thai"

  1. Assalamualaikum,

    Salam perkenalan dari Malaysia.

    Bolehkah saudara konfirmasi akan nama saya;

    FAKHRI= ตมก

    Betul atau salah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, salah yang betul ialah Fakhri = ฟาคริ

      Hapus
    2. Terima kasih atas pembetulannya Keep writing bro!

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel