Ragam Dialek Bahasa Thai



Umumnya di setiap negara selain memiliki bahasa resmi terdapat juga dialek atau bahasa daerah negara tersebut dan dialek-dialek tersebut tentu berbeda antar satu daerah dengan daerah lainnya.



Begitu juga dengan Indonesia dimana sebagian besar dari masyarakatnya ada yang berbicara Bahasa Melayu khususnya di provinsi Riau, namun dialek Melayu di Indonesia tidak sama dengan Melayu di Malaysia begitupun dengan di Brunei. Meskipun berbeda tetap ada persamaan diantaranya karena pada dasarnya berasal dari satu bahasa yang sama yaitu Melayu, perbedaan tersebut disebabkan oleh letak geografis dari ketiga negara tersebut.

Tahukah kamu bahwa di Thailand terdapat 4 jenis dialek diantaranya dialek Utara, Timur Laut, Bangkok, dan Selatan. Dialek Utara dalam Bahasa Thai disebut ภาษาเหนือ (phasa neua), dialek Timur Laut disebut ภาษาอีสาน (phasa isan), sedangkan dialek Bangkok/Central disebut ภาษากลาง (phasa klang) yang 
merupakan dialek resmi di Thailand, sedangkan dialek Selatan disebut ภาษาใต้ (phasa tai).

Berikut ini saya akan menjelaskan keempat dialek tersebut, simak penjelasan di bawah ini.







Dialek Bangkok (ภาษากลาง)

thailand bangkok, central thai, dialek, aksen, thai, fakhri.id
Peta persebaran wilayah Thailand bagian tengah

Dialek Bangkok merupakan dialek resmi yang digunakan sebagai bahasa nasional Thailand dalam berbicara dan menulis baik dalam situasi sehari-hari maupun resmi seperti dalam penulisan media cetak, media televisi, dan radio. Seperti yang kita tahu bahwa Bangkok adalah ibu kota Thailand dimana pusat administrasi dan bisnis semua berada di kota yang super sibuk ini, selain itu Bangkok juga merupakan provinsi dengan jumlah wisatawan terbanyak setiap tahunnya. Berikut ini contoh dialek Bahasa Thai Bangkok:






Bisa diperhatikan bahwa ciri khas dari dialek Bangkok adalah pengucapannya lebih tegas dan jelas. Berikutnya ada dialek Utara, simak penjelasan di bawah ini.

Dialek Utara (ภาษาเหนือ)

Peta persebaran wilayah Thailand bagian utara


Dialek Utara hanya terdapat pada persebaran wilayah Thailand bagian utara saja, mungkin ada diantara kalian yang tidak asing dengan nama Chiang Mai, itu merupakan salah satu provinsi Thailand di bagian utara yang menggunakan dialek utara. Thailand bagian utara merupakan wilayah dataran tinggi yang suhunya cenderung rendah dan sangat dingin terutama pada bulan-bulan musim dingin. Berikut ini contoh dialek Bahasa Thai utara:




Kalau kita perhatikan ciri khas dari dialek Utara adalah pengucapan katanya lebih diayun dan biasanya terdapat kata เจ้า (cao) diakhir kalimat. Menurut saya dialek ini paling anggun dan lebih enak di dengar diantara dialek lainnya.



Dialek Timur Laut/Isan (ภาษาอีสาน)


Peta persebaran wilayah Thailand bagian timur laut

Dialek Isan adalah dialek yang paling populer di Thailand, banyaknya lagu-lagu yang dibawakan dalam dialek Isan juga turut menyumbang daya tarik orang untuk mempelajari dialek ini. Selain itu beberapa selebritis terkenal juga berasal dari daerah Isan diantaranya Bank Thiti, Aom Sushar, Tanerng, Yoshi Rinrada, dan masih banyak lagi.

Uniknya dialek Isan merupakan dialek yang banyak mengandung pencampuran bahasa lain hal ini dikarenakan beberapa provinsi di wilayah timur laut (Isan) berbatasan dengar negara lain. Contohnya provinsi Ubon Ratchathani yang mana berbatasan dengan Kamboja dialeknya mengandung beberapa kata yang berasal dari Khmer atau Bahasa Kamboja, sedangkan provinsi yang berbatasan dengan Laos seperti Nakhon Phanom lebih cenderung mirip dengan Bahasa Laos.

Terlepas dari semua itu dialek Isan yang umum dikenal masyarakat adalah dialek Isan-Laos. Singkat cerita dialek Isan asal mulanya berasal dari Bahasa Laos yang dibawakan oleh penduduk Laos yang tinggal dan menetap di Thailand kemudian terjadi percampuran budaya dan lahirlah dialek Isan. Hal ini dikarenakan dahulu kala Laos dikenal dengan Lan Xang merupakan bagian dari Siam (Thailand).

Seperti yang kita tahu bahwa jarak antara Laos dan Thailand hanya sebatas Sungai Me Kong yang membentang itu lah salah satu alasan mengapa letak geografis sangat berperan dalam pengaruh dan persebaran budaya terutama bahasa.

Simak beberapa video dialek Isan berikut ini:



Bisa kita perhatikan bahwa dialek Isan ini sedikit terdengar lucu dan menggemaskan. Ciri khas dari dialek Isan adalah setiap kata Bahasa Thai yang mengandung huruf R akan dihilangkan begitu juga dengan huruf yang mengandung double consonant seperti PL, KR, dll dihilangkan karena Bahasa Laos tidak mengenal huruf R dan double consonant.

Dialek Selatan (ภาษาใต้)


thailand selatan, southern thai, dialek, aksen, thai, fakhri.id
Peta persebaran wilayah Thailand bagian selatan

Wilayah Thailand bagian selatan dikenal dengan wilayah dengan populasi penduduk beragama Islam terbanyak, hal tersebut dikarenakan lokasinya yang berdampingan dengan Malaysia sehingga persebaran budaya dan ajaran Islam dapat masuk dan diterima dengan mudah.

Bicara soal dialek, dialek Selatan terbagi lagi menjadi 2 yaitu dialek Bahasa Thai Selatan dan dialek Melayu-Thai hal ini disebabkan adanya pengaruh dari bahasa lain yaitu Bahasa Melayu yang kemudian terjadilah percampuran budaya yang kini menghasilkan dialek Selatan. Oleh karena itu tidak heran jika sebagian penduduk Thailand bagian selatan juga dapat berbicara Bahasa Melayu khususnya mereka yang tinggal di provinsi yang berbatasan langsung dengan Malaysia. 

Simak beberapa video dialek Selatan berikut ini:

Dialek Bahasa Thai Selatan






Terdengar seperti ada yang janggal dari dialek ini bukan? Inilah yang dikenal dengan dialek Bahasa Thai Selatan, jika kita mendengarkan video ini tanpa melihat rasanya seperti mendengar orang Indonesia yang mencoba bicara Bahasa Thai. Coba perhatikan pada detik 0:39 - 0:45, tampak pria tersebut merubah dialek bicaranya yang sebelumnya menggunakan dialek selatan menjadi dialek Bangkok.



Dialek Melayu-Thai





Kedua video diatas menampilkan bagaimana dialek Melayu-Thai yang sesungguhnya, sungguh unik dan sangat beragam dialek yang ada di Thailand. Itulah penjelasan singkat mengenai Ragam Dialek Bahasa Thai, tulis di kolom komentar dialek mana yang menjadi dialek favorit kalian ya.

Muhamad Fakhri
Muhamad Fakhri Being rich is not about how much you have, but how much you can give.

2 komentar untuk "Ragam Dialek Bahasa Thai"

Comment Author Avatar
ขอบคุณมากครับ.
Situs ini sangat membantu sekali buat saya, Mas. Ditunggu update-annya, Mas.
Comment Author Avatar
Malam bang
Minta dong link youtubnya biar bisa nambah wawasan ttng blajar bahas thainya